PERTAMA DI LUAR JAKARTA, IKEA KOTA BARU PARAHYANGAN

Update : 30, Mar 2019 16:04

IKEA Indonesia, toko perlengkapan rumah tangga dari Swedia melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat (Kamis, 28/3). IKEA di Kota Baru Parahyangan ini menjadi gerai IKEA pertama di luar Jakarta. Hadir dalam groundbreaking ini, Direktur Kota Baru Parahyangan, Ryan Brasali, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrick Lindvall, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.
Toko IKEA Bandung akan berdiri di atas area seluas 4,4 hektare dengan rencana bangunan seluas 35 ribu meter persegi. Pembangunan diharapkan selesai dan dibuka pada akhir 2020. IKEA Indonesia membuka cabang kedua di Indonesia di Kota Baru Parahyangan karena lokasinya yang strategis. Kota Baru Parahyangan dapat menarik konsumen dari Bandung dan kota sekitarnya seperti Karawang, Cirebon, Garut, Tasikmalaya dan lain-lain.
“Investasinya sekitar US$1 juta dolar AS (setara Rp1,4 triliun) dan IKEA Bandung ini dibangun di atas lahan 4,4 hektare (ha). Di sini lokasinya strategis, akses untuk warga Jawa Barat sangat mudah,” kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) Patrik Lindvall. “Kota Baru Parahyangan ada di antara Jakarta dan Bandung, cuma 500 meter dari pintu tol Padalarang. IKEA dalam sejarahnya selalu memilih lokasi di luar kota bukan dalam kota,” lanjut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
IKEA di Kota Baru Parahyangan diharapkan tak hanya menghadirkan sebuah toko furnitur, tapi juga bisa memberikan manfaat terhadap warga sekitar. “Proyek tersebut diperkirakan mampu menyerap 400 tenaga kerja di sekitar
lokasi pembangunan,” ujar Lindvall lagi.