Nantikan Kawasan Eduwisata Baru di Kota Baru Parahyangan

Update : 20, Jul 2022 10:52

Mulai bulan Juni 2022, Puspa Iptek Sundial bekerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Maju Bersama Sejahtera, membuka eduwisata bertajuk pendidikan hayati, perkebunan, dan pertanian. KUBE Maju Bersama Sejahtera berlokasi di Desa Bojonghaleuang, Kab. Bandung Barat. Area yang semula dijadikan kawasan wisata swafoto ini kemudian dikembangkan oleh warga, dengan diinisiasi oleh management Kota Baru Parahyangan. Letak geografis Kota Baru Parahyangan yang berada di antara 6 desa di Kabupaten Bandung Barat mendorong mereka untuk mendirikan kelompok usaha bersama yang nantinya bisa memajukan ekonomi warga di sekitar Kota Baru Parahyangan.
Berdirinya kelompok usaha bersama ini berangkat dari upaya Kota Baru Parahyangan dalam memberdayakan masyarakat di sekitar kawasannya. Harapannya warga di desa-desa sekitar Kota Baru Parahyangan dapat berdaya secara mandiri. Kolaborasi ini merupakan bantuan dengan masyarakat dalam bentuk community empowerment berbasis wirausaha. Kota Baru Parahyangan tidak hanya memberikan aset kepada masyarakat, tetapi membimbing
bagaimana masyarakat ini bisa berkembang.
Meninjau potensi yang ada, kawasan KUBE sangat cocok dijadikan lokasi wisata dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Dengan mengusung konsep berwisata edukasi di desa, lokasi KUBE ini sangat menarik untuk dikunjungi, dengan berbagai spot swafoto dan konten pendidikan hayati, contohnya edukasi menanam bunga matahari/kenikir secara organik, workshop pembuatan sabun herbal bunga matahari, workshop eco print, edukasi mengenai lebah madu, pembuatan pupuk kompos, juga dilengkapi hewan-hewan yang ramah dan lucu seperti kelinci dan kambing. Jika sesuai rencana, dalam waktu dekat ini lokasi eduwisata KUBE sudah bisa dikunjungi untuk umum.
Yuk rencanakan liburan kamu untuk berkunjung ke kawasan Eduwisata KUBE! Pastinya akan seru, edukatif, dan
menyenangkan.